Sabtu, 31 Desember 2016

MT-Lab 29.1 Wireless Repeater-WDS

..بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِلرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Topologi yang akan kita bahas kali ini seperti diatas.
Dimana kita buat dengan router1,2,3 (memiliki wireles, router 1 (ap bridge) dimana router2, dan3 berfungsi sebagai repeater. “WifiSiswaFree” memiliki coverage yang lebih luas.
Langsung saja kita mulai konfigurasinya:
1. Kita konfigrasi pada router 1 dengan ganti identitas router 1(Router1)

2.Kita konfigurasi ip address ethernet 1(192.168.100.2/24)

3.Kita konfigurasi ip address ethernet wlan (192.168.101.1/24)

3.Kita konfigurasi ip address ethernet wlan (192.168.102.1/24)

4.konfigurasi wlan ssid"WifiSiswaFree" WIRELESS>Interface>wireless

5.Selanjutnya kita seting gate way (192.168.100.1):IP >Route

6.Selanjutnya kita seting NAT(network address translation) :IP> Firewall

dan di action=masquerade

7.Selanjutnya seting DNS, disini kita menggunakan telkom 8.8.8.8.

8.Cek koneksi :ping ke 192.168.101.1, detik.com

9.Konfigurasi DHCP Server jika kita menginginkan untuk klient dapat ip address secara otomatis:IP>Dhcp Server>DHCP Setup dst..

10.Selanjutnya kita konfigurasi router 2: masuk ke router2..

11.Buat interface yang akan dibuat bridge

12.Masukan interface wlan1 router2 ke port bridge

13.Konfigurasi Router2 mode="wds slave" smakan parameter lain (band,ssid,ferquensy, channel width, scurity profile jika ada, tp kita belum pake..he..) dengan AP wireless pada router1.

14.Aktifkan WDS pada router2

15.Konfigurasi WDS pada router1
Buat interface bridge yang akan digunakan untuk repeater

16.Masukan interface wlan1 router1 ke port bridge yang telah dibuat sebelumnya

17.Selanjutnya kita aktifkan WDS pada wlan router1

18. Maka secara dynamic, interface wds akan dibuat oleh router1 atau router2

19.Selanjutnya Konfig pada router3:

20.setelah koneksi ke router3 maka kita buat interface bridge yangakan kita gunakan sebagai repeater

21.Selanjutnya masukan interface wlan1 router2 ke port bridge yang telahdibuat sebelumnya

22.Konfigurasi router3:"wds slave" (samakan parameter lain:band channel width, ferquency, security profile, dan ssid) dengan r1 dan r2)

23.Aktifkan WDS pada wlan router3

24.Karena kita menggunakan koneksi DHCP maka kita tinggal konek langsung ke wifi"WifiSiswaFree"

25.Tes Koneksi klien

26.Tes Ping dari klient

27.Tes Browsing

Perlu diketahui jauhkan router1 dengan jarak +/- 20m dengan r2 +/- 20 dengan r3
Selamat mencoba.. trims.. tulisan ini masih banyak diperbaiki.. masukannya ya kawan2..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar